08.20
0
Oh ya....Blog ini saya buat kerena seringnya saya mengedit web dan bolg saya, dengan memasukkan widget-widget yang di buat dengan kode html untuk mempercantik web dan bolg saya. Atau bagaimana cara membuat tabel, Teks berjalan, jam otomatis, tanggal otomatis, gambar melayang, menu bar, secroll box, menu drop down, dan masih banyak lagi yang lain, menyesuaikan kebutuhan saya.  Dan semuanya dibuat dengan kode html.
 

Intinya blog ini selain bisa untuk menyimpan Tutorial Praktis (hehe...saya menyebutnya demikian...) atau asesoris html seperti yang saya maksud diatas, saya bisa posting apa saja yang berhubungan dengan kode html. ya...sambil berbagi ilmu gitu......
siapa tahu masih banyak yang belum tahu, kan...bisa bermanfaat....hehehehe....

Sebelum anda lihat-lihat Tutorial praktis apa saja yang saya tampilkan, ada baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud HTML ?......Setujuuu....!!!!

OK...!!! Apa Sih HTML Itu ?

HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa standar pemrograman untuk membuat suatu halaman web yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web browser untuk menampilkan halaman Web yang terdiri dari berbagai macam format tampilan seperti texs, grafik, animasi link maupun audio-video
Untuk menuliskan kode-kode HTML anda bisa menggunakan Texs Editor misalnya Notepad, Word Pad, Microsoft Word dll. Di bawah ini adalah contoh suatu dokumen HTML yang sangat sederhana.
Perintah didalam dokumen HTML terdiri dari berbagai struktur penyusun seperti Tag, elemen, atribut dan nilai. Tag terdiri dari lambang-lambang khusus seperti: "<", ">" dan "/", untuk menuliskannya di dalam dokumen HTML dimulai dengan tag pembuka "<...>"dan diakhiri dengan tag penutup "". Kemudian di dalam tag tersebut terdapat teks seperti contoh diatas :html, head, title,body dan yang lainnya ini disebut dengan Elemen HTML.
Elemen HTML kemudian ada yang memiliki atribut dan nilai tertentu, seperti contoh untuk membuat warna latar belakang (background): <body bgcolort="0000ff">, body merupakan elemen, bgcolor adalah atribut dan 0000ff merupakan nilai (value).
Elemen HTML mempunyai tiga hal penting yaitu: tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh: Elemen html mempunyai tag pembuka ";lt&html>" dan tag penutup ";lt&/html>" dan yang berada diantaranya merupakan isi dari elemen html. Untuk menuliskan Elemen HTML bisa menggunakan huruf besar maupun huruf kecil. Contoh: <HTML>, <HtMl>, <HTml>, <html>, semuanya adalah sama
Untuk menuliskan kode-kode HTML anda bisa menggunakan Texs Editor misalnya Notepad, Word Pad, Microsoft Word dll. Di bawah ini adalah contoh suatu dokumen HTML yang sangat sederhana. Start Notepad, silahkan mulai dengan mengetikkan (copy/paste) texs di bawah ini:


<html>
<head>
<title>Titel Websiteku</title>
</head>
<body>
ISI TEKS ANDA
</body>
</html>


Simpan file dengan pilihan "save as" dengan nama "latihan.htm", misal disimpan di C:/My Documen)
Kemudian Start Web bowser anda (Internet Explorer atau Mozilla Firefox). Pilih menu File, Open dan tujukan ke C:\My Documents ,cari file "latihan", maka dilayar tampil tulisan "ISI TEKS ANDA"
Silahkan anda mencoba......
Bagi temen-temen yang sudah lihai mengenai HTML, silahkan posting artikel anda di blog ini. Ini akan berguna bagi siapa saja yang belum mengerti tentang HTML.....iya kan?


Silahkan anda bisa teruskan membaca tentang HTML  yang akan selalu update.

Dan yang berminat dengan Tutorial praktis ala saya....
monggo...Copy end Paste saja....,

Banyak baca,
Banyak tahu,
Banyak Ilmu....

Jangan lupa tinggalin komentarmu ya..... Terima kasih



Mohon bantuannya untuk memperbaiki blog ini.


Jika Anda menemukan hal yang kurang berkenan atau tutorial yang belum bisa anda aplikasikan, Silahkan hubungi saya dengan menggunakan fasilitas Layanan umum. Dan saya akan selalu berusaha membalas keluhan anda serta memperbaiki kesalahan seceparnya.
Dan apabila anda merasa artikel /atau tutorial ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman Anda lewat tombol-tombol di disebelah kanan atas pada halaman ini...Terima kasih.


0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger