Reseller merupakan bagian dari program affiliate. Reseller berarti menjual kembali produk orang lain dengan persetujuan sang Pemilik Produk. Karena menjual produk orang lain, berarti kita akan mendapatkan reward jika penjualan terjadi atas jasa kita. Reward dari sang Pemilik Produk, biasanya berupa komisi bagi hasil dari nilai penjualan kita.

Komisi bagi hasil yg diberikan pemilik produk biasanya berkisar 25% hingga 75%. Namun kebanyakan komisi yg berlaku adalah sekitar 50%. Semua itu tergantung pertimbangan dari sang Pemilik Produk, baik dari segi modalnya, manfaat yg diperoleh, maupun pertimbangan lain-lain. Misalnya produk ebook RWP yang  memberikan komisi 60% jika anda berhasil mendapatkan penjualan dari 1 pembeli.

Metode penjualan Affiliate hampir mirip dengan cara bisnis di dunia offline. Misal, jika anda membantu mencari pembeli untuk menjualkan tanah seseorang, maka anda akan dikasih komisi oleh sang Pemilik Tanah jika penjualan terjadi atas jasa anda. Contoh lain adalah marketing property perumahan. Jika sang Marketer mampu menjual 1 unit rumah kepada seorang pembeli, maka Pihak perusahaan property akan memberikan komisi sekian persen kepada sang Marketer tadi.

Namun jika disebut program reseller, itu berarti kita harus membeli dulu produk tsb untuk bisa menjual kembali. Misal kalo di dunia bisnis offline, kita menjadi agen pulsa HP dengan membeli sejumlah voucher untuk dijual ulang (meski tidak terlalu mirip, namun pengertiannya saja yg kita ambil).

Berbeda dengan komisi produk bisnis offline, komisi produk bisnis online biasanya sangat besar, yaitu berkisar 25% hingga 75%. Kenapa demikian besar? Karena kebanyakan produk Reseller berupa produk informasi yang berbentuk digital (elektronik).

Meski dijual dalam bentuk buku, namun pembuatan buku tersebut tidak memerlukan ongkos cetak yg berulang-ulang. Buku tersebut cukup dicetak sekali saja, lalu dapat dijual berulang-ulang. Setelah dijual berulang-ulang, keuntungan buku tersebut bisa mencapai 100%. Makanya wajar jika komisi
untuk para reseller diberikan dengan persentase yg besar. Ongkos kirim juga tidak diperlukan dalam penjualan buku tersebut. Karena pengiriman buku dari produsen ke konsumen cukup dilakukan melalui media elektronik. Dengan id dan password khusus, buku tersebut bisa sampai ke tangan pembeli dalam hitungan menit atau detik. Itulah sebabnya buku di dunia online dikenal dengan sebutan Ebook, artinya Electronic book.

Terkadang ada fasilitas tambahan dari pemilik produk untuk pembelinya. Selain memberikan Ebook yg bisa didownload, disediakan juga CD yg berisi video tutorial dan berbagai program yg bisa mendukung kualitas produk yg dijual. Lebih lanjut, ada juga Produk Affiliate yg bukan berbentuk Ebook, melainkan berbentuk produk Riil seperti pakaian, sepatu, alat rumah tangga, peralatan komputer, Obat penurun berat badan, dll. Biasanya sistem affiliate produk riil ini kebanyakan berada di luar negeri. Dan komisi yg diberikan pun sekitar 5-20%, tidak sebesar produk Ebook.

Menjadi reseller tidak se-ribet menjual produk sendiri. Menjadi reseller tidak perlu memikirkan bagaimana membuat produk, tidak perlu pusing melayani pelanggan (customer service), tidak perlu pusing membuat sistem website penjualan, dsb.Sebenarnya lebih simpel memulai profesi reseller/affiliate dibanding menjual produk sendiri di internet. Ini adalah aturan umum yg sudah biasa kita dengar untuk menjual produk Affiliate : yaitu tugas Anda hanya mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya ke website Pemilik Produk. Setelah pengunjung datang ke website pemilik produk, selanjutnya sistem website pemilik produk yg akan bekerja menghasilkan penjualan buat anda.

Sebenarnya se-simpel itulah prinsip kerja penjualan bersistem Affiliate. Anda bisa menjual langsung dengan menggunakan Link url Reseller yg telah disediakan di member area. Jika Ada orang yg klik link url Anda dan kemudian orang tsb membeli produk RWP, maka Anda akan dapat komisi. Masih banyak informasi yang akan anda dapat untuk menghasilkan uang..... 

0 komentar:

Posting Komentar